Cara Trading dengan Pola Grafik Berlian

Cara Trading dengan Pola Grafik Berlian

Diperbarui • 2022-04-22

Bagaikan harta karun, pola Berlian yang sebenarnya sangat jarang terjadi di pasaran. Untuk menggunakan sinyalnya, Anda harus menunggu sampai pola benar-benar terbentuk di grafik, dan mengidentifikasi pola itu dengan benar dan tepat dalam jangka menengah.

Apa itu pola grafik Berlian?

Formasi berlian (diamond) adalah sebuah pola grafik klasik. Namun, ini tidak muncul sesering pola bendera (flag), kepala dan bahu (head and shoulders), dan persegi panjang (rectangle). Jarang ada peluang untuk trading dengan pola grafik berlian. Namun, trader teknis harus terbiasa dengan pola ini karena memberikan peluang trading yang baik ketika ditemukan cukup awal.

Pola berlian sering kali terjadi setelah fase tren yang diperpanjang. Ketika itu terjadi selama pasar naik, polanya disebut sebagai pola berlian atas atau berlian bearish. Itu karena harga berbalik turun setelah pola berlian tersebut muncul. Sebaliknya, ketika terjadi selama pasar turun, pola tersebut disebut sebagai pola berlian bawah atau berlian bullish, karena harga berbalik naik setelahnya.

Alasan pola grafik berlian jarang terjadi karena dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk terbentuk. Pertama, harus membentuk garis support dan resistance, menyimpang hampir pada sudut yang kuat ke garis horizontal, dan kemudian bertemu lagi dalam satu struktur. Hasilnya adalah pola berlian. Itulah alasan namanya diberikan.

Pada grafik di bawah, Anda dapat melihat pola grafik berlian yang terjadi pada tanggal 8 Februari 2022 di grafik GBPUSD.

GBPUSDH4диамант.png

Pada kenyataannya, polanya tidak serapi dan bahkan seperti pada diagram. Utamanya adalah mengikuti logika titik tertinggi dan terendah serta bentuk estimasi.

Pola Berlian Bearish

Versi berlian bearish, juga dikenal sebagai berlian atas, telah dijelaskan di bagian sebelumnya. Trader dapat melihat polanya sebagai serangkaian ayunan harga naik dan turun yang menyerupai struktur pola kepala dan bahu.

Secara spesifik, bahu kiri dan kepala akan bergabung membentuk garis tren, sedangkan kepala dan bahu kanan akan membentuk garis tren kedua. Ini melengkapi garis tren untuk bagian atas formasi berlian bearish. Kemudian, untuk bagian bawah, hubungkan ayuan rendah di dalam lembah (trough), yang akan membentuk pola-V.

2.png

Pada ilustrasi di atas, kita melihat kembali pola permata bearish. Pada grafik ini, kita dapat melihat sinyal masuk breakout untuk trading pola berlian bersama dengan level target untuk pola tersebut. Selain itu, sinyal masuk jual akan memicu breakout dan penutupan di bawah garis kanan bawah miring ke atas.

Beberapa trader lebih suka menunggu breakout di bawah garis ini tanpa harus ditutup di bawahnya. Ini juga merupakan titik masuk yang potensial, tetapi perhatikan bahwa ada kemungkinan sinyal palsu, jadi sebaiknya menunggu penembusan dan penutupan.

Harga target untuk pola ini dihitung menggunakan metode pergerakan terukur. Secara khusus, kita harus mengukur jarak dari puncak ke lembah dalam polanya dan kemudian memproyeksikan jarak tersebut ke bawah dari titik breakout. Ini akan menunjukkan level di mana breakout berpotensi untuk mulai berkurang atau mungkin berbalik arah. Jadi, ini mewakili tingkat Take Profit dan titik keluar yang sangat baik.

Pola Berlian Bullish

Sekarang mari kita lihat kebalikan dari berlian bearish, yaitu berlian bullish. Pola berlian bullish, juga disebut berlian bawah, terjadi setelah tren turun. Kita biasanya melihat penurunan harga signifikan dan kemudian fase konsolidasi naik dan turun di berlian bawah.

Dalam hal ini, tampilannya akan mirip dengan pola kepala dan bahu terbalik (inverted head and shoulders). Kita akan menghubungkan puncak dan lembah di dalam struktur dengan cara yang sama seperti yang dijelaskan sebelumnya. Setelah kita menggambar empat garis tren di sekitar struktur dan memastikan bahwa keempat garis tersebut memiliki ukuran yang kira-kira setara, kita dapat mengonfirmasi struktur sebagai pola berlian bullish.

Group 2.png

Pada ilustrasi berlian bawah di atas, kita melihat bahwa pergerakan harga ke bawah mendahului formasi. Ada urutan naik dalam struktur berlian, yang terbentuk dari dua garis tren atas yang mengarah ke bawah dan dua garis tren bawah yang mengarah ke atas.

Penembusan dan penutupan di atas garis kanan atas dengan kemiringan ke bawah memicu sinyal untuk membuka posisi beli. Sekali lagi, trader lebih suka menunggu penembusan dan penutupan yang sebenarnya daripada hanya penembusan di atas garis tren ini untuk mencegah sinyal palsu dan potensi pergerakan harga di sekitar area ini.

Wajar untuk menghitung target harga atas dengan mengukur titik tertinggi dan terendah di dalam struktur. Setelah menghitung jarak ini dan memplotnya pada grafik, kita akan memperpanjang jarak yang sama dari titik penembusan yang diproyeksikan ke atas untuk mencapai level target pilihan kami. Setelah harga mencapai level ini, kita harus mempertimbangkan untuk menutup seluruh posisi, atau setidaknya sebagian besar posisi, dan mungkin membiarkan sebagian kecil posisi terbuka jika perlu.

Strategi Trading Pola Berlian

Sekarang mari kita menciptakan strategi trading yang menggunakan pola berlian. Kita telah melihat bahwa formasi teknis berlian terjadi dalam tren naik dan tren turun. Ketika pergerakan harga bullish mendahului pola berlian, itu disebut berlian atas dan berpotensi turun. Ketika pola berlian mendahului pergerakan harga bearish, itu disebut berlian bawah, yang menandakan potensi naik.

Kita akan membuatnya sesederhana mungkin dengan pendekatan aksi harga murni di strategi trading berlian ini. Kami menyadari bahwa pola berlian tidak banyak terjadi di pasar. Jadi, kami tidak ingin menambahkan terlalu banyak variabel ke strategi karena pada dasarnya sudah bagus.

Berikut aturan untuk trading dengan pola grafik berlian atas:

  • Harus ada tren naik yang jelas sebelum formasi berlian atas.
  • Formasi berlian atas harus didefinisikan dengan empat garis tren yang terhubung satu sama lain, dan yang panjangnya relatif sama satu sama lain.
  • Membuka order jual di pasar setelah penembusan dan penutupan di bawah garis tren miring ke atas di dekat penyelesaian pola.
  • Sebaiknya menempatkan Stop Loss di puncak terbaru sebelum titik breakout.
  • Level target akan dihitung berdasarkan perhitungan gerakan yang terukur. Hitung jarak antara puncak tertinggi dan lembah terendah dalam struktur dan proyeksikan turun dari titik breakout. Prakiraan ini akan berperan sebagai titik keluar untuk profit.
  • Trading harus memiliki komponen penghentian waktu tambahan. Khususnya, jika Stop Loss atau Take Profit belum terpicu setelah melewati 50-candle, maka segera keluar dari posisi Anda.

USDCADH13диамант2.png

Sebaliknya, berikut aturan trading untuk pola grafik berlian bawah:

  • Harus ada tren turun yang jelas sebelum berlian bawah terbentuk.
  • Formasi berlian bawah harus didefinisikan dengan empat garis tren yang terhubung satu sama lain, dan yang panjangnya relatif sama satu sama lain.
  • Membuka order beli di pasar setelah penembusan dan penutupan di atas garis tren turun di dekat penyelesaian pola.
  • Sebaiknya menempatkan Stop Loss di lembah terbaru sebelum titik breakout.
  • Level target akan dihitung berdasarkan perhitungan gerakan yang terukur. Hitung jarak antara puncak tertinggi dan lembah terendah dalam struktur dan proyeksikan naik dari titik breakout. Prakiraan ini akan berperan sebagai titik keluar untuk profit.
  • Trading harus memiliki komponen penghentian waktu tambahan. Khususnya, jika Stop Loss atau Take Profit belum terpicu setelah melewati 50-candle, maka segera keluar dari posisi Anda.

USDCADH4диамант.png

Rangkuman

Pola pembalikan berlian dapat terjadi di semua jenis pasar keuangan, termasuk pasar saham, Forex, mata uang kripto, dan berjangka. Pola berlian tidak sering terjadi seperti banyak pola grafik klasik lainnya. Namun, Anda perlu memahami pola dan dapat mengenalinya, karena ketika itu terjadi, dapat memberikan peluang trading yang sangat baik.

Umumnya, pola berlian atas yang terjadi setelah pasar bullish memberikan peluang trading yang lebih tinggi daripada pola berlian bawah yang terjadi setelah pasar bearish. Anda harus mengujinya sendiri untuk melihat apakah ini cocok dengan pasar yang Anda tradingkan.

Menyerupai

Cara Menggunakan MetaTrader 4: Panduan untuk Pemula
Cara Menggunakan MetaTrader 4: Panduan untuk Pemula

MetaTrader 4, juga dikenal sebagai MT4, adalah platform trading paling populer di dunia. Mereka menawarkan alat trading dan analitik yang sangat baik untuk menerapkan strategi yang bahkan paling kompleks.

Bagaimana cara trading menggunakan pola candlestick doji?
Bagaimana cara trading menggunakan pola candlestick doji?

Candle doji jarang terjadi, tetapi jika Anda menemukannya, itu dapat menjadi peluang masuk yang sangat bagus. Artikel ini akan membahas apa itu candle Doji. Anda akan mempelajari strategi Doji yang dapat mendatangkan profit.

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara membuka akun di FBS?

    Klik tombol 'Buka akun' di situs web kami dan lanjutkan ke Personal Area. Sebelum Anda memulai trading, selesaikan dulu proses verifikasi profil. Konfirmasikan alamat email dan nomor telepon Anda, dan verifikasi ID Anda. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keamanan dana dan identitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan prosedur ini, silakan login ke platform pilihan Anda, dan silakan memulai trading. 

  • Bagaimana cara menarik profit yang dihasilkan di FBS?

    Prosedurnya sangat mudah. Cukup masuk ke halaman Penarikan Dana di situs web atau menu Keuangan di Personal Area FBS dan tarik dana Anda. Anda bisa menarik profit Anda melalui sistem pembayaran yang sama seperti yang Anda gunakan saat deposit. Jika Anda mendanai akun melalui berbagai metode, tarik profit Anda melalui metode yang sama berbanding dengan jumlah yang didepositkan.

  • Bagaimana cara memulai trading?

    FBS dan karier Forex diperuntukkan hanya kepada klien yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk memulai trading, Anda harus memiliki akun di broker dan pengetahuan yang cukup, minimal tentang karakteristik aset di pasar keuangan. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan materi edukasi gratis dari kami dan buka akun di FBS. Anda bisa mengamati lingkungan trading terlebih dahulu dengan dana virtual di akun Demo. Apabila sudah siap, Anda bisa memasuki pasar yang sesungguhnya dan trading dengan sukses.  

  • Bagaimana cara mengaktifkan Bonus Naik Level?

    Buka akun Bonus Naik Level di Personal Area web atau aplikasi FBS Anda, dan dapatkan hingga $140 gratis langsung ke akun Anda.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Lakukan upaya yang terbaik

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Buku Forex Pemula

Beginner Forex Book akan memandu Anda mengarungi dunia trading.

Buku Forex Pemula

Hal yang sangat penting untuk memulai trading
Masukkan e-mail Anda, dan kami akan mengirimkan buku panduan Forex gratis

Terima kasih!

Kami telah mengirim email tautan khusus ke e-mail Anda.
Klik link untuk mengkonfirmasi alamat Anda dan dapatkan panduan Forex untuk pemula secara gratis.

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera