Bagaimana Kemenangan Sunak akan memengaruhi GBP?

Bagaimana Kemenangan Sunak akan memengaruhi GBP?

Diperbarui • 2022-12-15

Apa yang sedang terjadi?

Pound Inggris ditradingkan di saluran horizontal antara 1,0920 dan 1,1470 karena pengunduran diri Perdana Menteri Liz Truss minggu lalu meninggalkan masa depan negara yang tidak pasti.

Truss adalah perdana menteri dengan masa tugas terpendek dalam sejarah Inggris, dengan hanya 44 hari menjabat. Namun, 44 hari ini telah cukup untuk menghancurkan pasar obligasi dan mengirim pound Inggris ke posisi terendah sepanjang sejarah. Sterling turun karena Truss mengusulkan untuk mengurangi pajak penghasilan. Rencananya adalah untuk membantu ekonomi Inggris keluar dari krisis dan membuka negara untuk menarik investasi asing. Akan tetapi, pemotongan pajak dirancang untuk orang-orang yang berpenghasilan lebih, dan bukan untuk semua orang. Ditambah lagi, ada banyak pertanyaan tentang bagaimana pemerintah akan membiayai proyek ini. Akibatnya, pasar tidak mendukung rencana tersebut dan GBPUSD kehilangan lebih dari 9.000 poin dalam dua hari, sementara imbal hasil obligasi 2-tahun anjlok di bawah 4%.

Situasi berubah setelah pemerintah membatalkan rencana itu pada 26 September. GBPUSD melambung ke level sebelum pengumuman. Sementara itu, pasar obligasi tidak dapat pulih dari kejutan sebelumnya, dan imbal hasil obligasi 2 tahun telah turun menjadi sekitar 3,4%.

Apa yang akan terjadi berikutnya?

Truss mengalahkan Rishi Sunak untuk menjadi pemimpin Partai Konservatif menyusul pengunduran diri Boris Johnson pada 7 Juli. Pada hari Senin, 24 Oktober, Sunak terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru. Sulit membayangkan dia akan mengulangi langkah berisiko terkait kebijakan moneter dan fiskal negara karena akan segera mengakhiri karirnya. Saat ini, PM baru memiliki dua tujuan utama untuk dicapai:

  • Kembalikan kepercayaan investor asing terhadap perekonomian Inggris.
  • Memperlambat pertumbuhan inflasi.  

Pada 3 November, Bank of England akan memutuskan apakah akan menaikkan suku bunga utama sebesar 50 atau 75 basis poin. Dalam pandangan kami, Perdana Menteri yang baru akan mengambil langkah tegas melawan inflasi di hari-hari pertama kerjanya. Oleh karena itu, kami percaya bahwa Bank of England, terlepas dari independensi formalnya, akan memilih skenario yang lebih hawkish untuk suku bunga utama, memperkuat GBP terhadap mata uang lain yang lebih lemah, terutama JPY.  

Namun, GBP mungkin akan tetap lemah terhadap dolar AS karena suku bunga utama di Inggris tetap jauh di bawah suku bunga AS, sementara inflasi lebih tinggi, dan krisis energi berlanjut. 

Analisis teknis

GBPJPY, grafik H4

GBPJPYH4.png

GBPJPY tetap dalam tren naik yang kuat meskipun ada intervensi pasar Forex dari Bank of Japan. Kami menganggap setiap kemunduran sebagai peluang beli selama harga tetap di atas 167,00, sebagai jangkauan support 167,60. Level 171,50 terlihat seperti target jangka pendek yang bagus untuk pasangan tersebut, terutama setelah penembusan di atas 170,00.

Berbicara tentang jangka menengah, kami memperkirakan pasangan ini akan mencapai 176,50 jika Bank of Japan tidak membuat perubahan mendasar dalam kebijakan moneternya.

GBPUSD, jangka waktu harian

GBPUSDDaily.png

GBPUSD ditradingkan di bawah rata-rata pergerakan (moving average) 50 hari, seminggu menjelang pernyataan Federal Reserve dan Bank of England. Tidak mengherankan, keputusan FOMC akan mendorong pasangan ini paling besar selama minggu depan.

Jika harga tembus di atas level resistance 1,1470, kemungkinan besar akan mencapai MA 100-hari. Jika tidak, mereka akan turun lebih rendah ke 1,0950, 1,0650, dan bahkan 1,0400.

Menyerupai

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera