Kekuatan Dolar atau Kelemahan Mata Uang Lain?

Kekuatan Dolar atau Kelemahan Mata Uang Lain?

Diperbarui • 2022-06-27

Nilai dolar AS terus meningkat, tetapi apakah ini karena kekuatan dolar itu sendiri atau hanya karena kelemahan euro, yen Jepang, dan pound Inggris?

Sejak awal tahun, indeks dolar AS telah naik 8,8%, dengan Federal Reserve terus memerangi inflasi setelah menaikkan suku tiga kali sejauh ini. Maka, satu per satu, bank sentral utama memulai pertempuran mereka untuk menjinakkan inflasi dan mengikuti pengetatan Fed yang gegabah. Di sini, dolar menyerap kekuatannya, tetapi apakah itu sebuah kekuatan yang nyata, atau karena kelemahan mata uang lain?

Mengapa yen Jepang melemah?

Yen Jepang selalu menjadi tempat yang aman bagi investor dan trader yang menghindari risiko. Tapi untuk saat ini, tidak, karena Bank of Japan tetap mempertahankan suku bunga mendekati 0% sambil tetap berpegang pada kebijakan pelonggaran yang luar biasa dan pembelian obligasi besar-besaran. Ketika sebagian besar dunia memerangi inflasi, Jepang telah berjuang dengan deflasi selama beberapa dekade.

Namun, setelah gelombang kenaikan harga secara global, inflasi di Jepang akhirnya melonjak di atas target 2%. Oleh karena itu, tidak mengherankan melihat yen melemah terhadap dolar AS. Sejauh ini, yen telah jatuh lebih dari 17% setelah dolar menembus level 136,50 untuk pertama kalinya dalam 24 tahun. Jika BoJ melanjutkan kebijakan pelonggarannya, tekanan pada yen Jepang akan bertahan.

Mengapa Euro lemah?

Uni Eropa menderita inflasi yang sangat tinggi yang telah mencapai 8,1%, level tertinggi mereka sepanjang sejarah. Namun, Bank Sentral Eropa tidak menanggapi tekanan tersebut. Semua orang mengkritik ECB karena membiarkan bank sentral lain mendahuluinya. Terlebih lagi, ECB bersikeras untuk tidak menaikkan suku bunga atau mengakhiri program pembelian obligasinya.

Euro akan merasakan kerusakan paling parah karena tanda-tanda resesi di Eropa terlihat lebih cepat dibandingkan di AS. Semua ini mendorong euro turun, mendekati paritas dengan USD, setelah turun di bawah 1,05 untuk pertama kalinya sejak 2016.

Namun, euro mungkin mendapatkan beberapa dukungan setelah ECB menegaskan niatnya untuk menaikkan suku pada pertemuan bulan depan. Euro telah jatuh terhadap dolar hingga sekitar 7,5% selama tahun 2022.

Mengapa pound sterling melemah?

Pound Inggris menderita karena kegagalan Bank of England untuk mengendalikan inflasi. Sejauh ini, BoE telah menaikkan suku bunga lima kali dalam beberapa bulan terakhir. Tetapi semua kenaikan ini tidak berhasil mendinginkan inflasi di Inggris, yang mencapai level tertinggi dalam 40 tahun terakhir di 9,0%.

Dengan meningkatnya tekanan pada ekonomi Inggris dan data negatif, penurunan pound terhadap dolar terus melampaui 9% sejak awal tahun.

Mengapa Dolar AS kuat?

Siklus pengetatan The Fed dan kenaikan suku bunga tanpa henti telah mendukung dolar. Investor asing juga menjual saham dan obligasi untuk menyimpan uang yang mereka terima dalam dolar AS.

Akan tetapi, dolar mungkin akan kehilangan kekuatan seiring dengan bank sentral lainnya yang bergegas untuk menaikkan suku bunga. Kekhawatiran resesi juga dapat mendorong The Fed untuk menghentikan atau memperlambat kenaikan suku bunga agresif untuk menyelamatkan ekonomi AS yang sudah lemah. Oleh karena itu, bukti kekuatan dolar yang sebenarnya akan muncul ketika mata uang lainnya menunjukkan taringnya dan mata uang AS tetap stabil.

TRADING SEKARANG

Menyerupai

USDCAD Berusaha Hentikan Penurunan Tiga Hari
USDCAD Berusaha Hentikan Penurunan Tiga Hari

USDCAD terlihat berusaha keras mempertahankan momentum bullish pada hari Kamis (28/03/2024),..Pasar akan berfokus pada data PDB Kanada yang dirilis malam ini pukul 19.30 WIB.

Yen Jepang Terus Terpuruk, Targetkan Level Psikologis
Yen Jepang Terus Terpuruk, Targetkan Level Psikologis

Yen Jepang kembali mencatat penurunan untuk hari ketiga berturut-turut di hari Rabu (27/03/2024), menyusul ketidakpastian mengenai langkah kebijakan ..Di sisi lain, indeks dolar AS, yang saat ini terus mendapat dukungan dari prospek ekonomi AS yang optimis

Berita terbaru

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera