Harga Minyak Melonjak, Bagaimana Fed Sikapi Inflasi?

Harga Minyak Melonjak, Bagaimana Fed Sikapi Inflasi?

Diperbarui • 2023-09-19

Inflasi AS meningkat di Agustus untuk bulan kedua berturut-turut, didorong oleh kenaikan harga bahan bakar. Namun, inflasi inti, yang tidak termasuk harga pangan dan energi yang volatil, terus melambat, menurut data dari Bureau of Labor Statistics yang dirilis pada hari Rabu lalu. Laporan inflasi ini kemungkinan membuat Fed tetap pada jalur untuk menghentikan sementara kenaikan suku bunga dalam pertemuan mereka minggu ini.

Seperti yang kita tahu, Indeks Harga Konsumen AS naik 3,7% pada bulan Agustus, lebih tinggi dari kenaikan pada bulan Juli yang hanya 3,2%, namun sedikit di atas perkiraan sebesar 3,6% oleh para ekonom. Secara bulanan, inflasi naik 0,6% pada bulan Agustus, dibandingkan dengan kenaikan 0,2% pada bulan Juli.

Harga bahan bakar menjadi kontributor terbesar dalam peningkatan CPI bulan Agustus, menyumbang lebih dari separuh kenaikan tersebut. Indeks inflasi bahan bakar melonjak tajam 10,6% di Agustus dari 0,2% pada bulan Juli. Indeks energi keseluruhan, yang mencakup bensin, naik 5,6% pada bulan Agustus dari bulan Juli.

Harga minyak dunia baru-baru ini mencatatkan kenaikan sebagai imbas dari pemangkasan produksi oleh negara-negara OPEC+ dan permintaan yang melonjak. Bencana banjir yang mematikan di Libya minggu ini pun mengganggu ekspor minyak, yang akan mendorong kenaikan harga di pompa bensin. Namun, para ekonom tidak memperkirakan harga energi yang volatil akan mencegah perlambatan inflasi beberapa bulan mendatang.

Pasar masih sangat mengharapkan Fed akan menjaga suku bunga tetap stabil dalam pertemuan minggu ini karena beberapa faktor yang akan memfasilitasi perlambatan inflasi, seperti belanja konsumen dan pasar tenaga kerja AS yang lebih lemah. Tetapi kenaikan suku bunga tambahan setelah bulan September masih mungkin terjadi. Menurut CME FedWatch Tool, ada peluang sekitar 97% bahwa Fed akan memutuskan untuk menghentikan kenaikan suku bunga kali ini, dengan peluang untuk penghentian lainnya pada bulan November lebih rendah, yaitu sekitar 58%.

Pejabat Fed masih berharap mereka dapat mencapai apa yang disebut sebagai ‘soft-landing, sebuah skenario di mana inflasi melambat hingga mencapai target bank sentral 2% tanpa adanya peningkatan tajam dalam pengangguran atau resesi. Inflasi AS, seperti yang diukur oleh CPI, telah melambat secara stabil dari level tertinggi empat dekade pada Juni 2022 karena ekonomi secara keseluruhan tetap stabil, begitu juga pasar tenaga kerja, di tengah kampanye kenaikan suku bunga paling agresif oleh Fed sejak tahun 1980-an.

The Fed yang hampir dipastikan akan mempertahankan suku bunga di pertemuan kali ini, kemungkinan besar akan sedikit melemahkan indeks dolar AS. Ini karena, dengan dihentikannya sementara siklus kenaikan suku bunga oleh Fed akan membuat yield obligasi AS akan mengalami penurunan, meski mungkin ringan.

XTIUSD 19092023.jpg

Secara teknikal, harga minyak mentah acuan AS, XTIUSD mempertahankan tren bullish nya memasuki minggu keempat berturut-turut. Aksi harga yang membentuk beberapa Higher Low mengindikasikan keberlanjutan tren naik.

Simple Moving Average (SMA) juga menegaskan potensi keberlanjutan tren bullish minyak hitam ini, dengan level harga bergerak di atas SMA 50, 100, dan 200 yang mengindikasikan kenaikan di semua jangka waktu. Hal ini semakin diperkuat dengan indikator Relative Strength Index yang menunjukkan pergerakan stabil mengarah naik menuju area overbought.

Login Sekarang.png

Menyerupai

XTIUSD Pertahankan Momentum Kenaikan Untuk Hari Ke Tujuh
XTIUSD Pertahankan Momentum Kenaikan Untuk Hari Ke Tujuh

Harga minyak mentah acuan AS West Texas Intermediate (WTI) masih dalam jalur melanjutkan kenaikan untuk hari ke tujuh secara beruntun, pada Rabu (14/02/2024). Menurut laporan pasar minyak bulanan OPEC, ada kekhawatiran mengenai kepatuhan kelompok ini terhadap pemangkasan produksi

Ketegangan Geopolitik Meningkat, Minyak di Kisaran Tinggi
Ketegangan Geopolitik Meningkat, Minyak di Kisaran Tinggi

Pasar saham Asia melemah pada perdagangan Selasa (30/01/2024), terseret oleh kasus likuidasi perusahaan raksasa properti China..Kegelisahan investor terhadap meningkatnya ketegangan di Timur Tengah telah mengendalikan sentimen risiko.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera